Home / BPJS / Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK)
Cara Mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK)

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sebelum membahas caranya mencairkan, ada yang tahu apa itu BPJSTK? BPJSTK adalah singkatan dari BPJS Ketenagakerjaan :D. Hehehehee. Jadi BPJSTK adalah sebuah program untuk perlindungan tenaga kerja untuk mengatasi risiko ekonomi sosial, dan sistemnya menggunakan sistem asuransi.

Jadi bagi pegawai atau tenaga kerja sebaiknya tanyakan kepada perusahaan tempat kalian bekerja apakah diikutkan program BPJSTK atau tidak. Kalaupun tidak lebih baik temen-temen ikut program ini, lumayanlah buat nabung istilahnya. Karena yang jadi tren dari program ini yaitu Program JHT, yaitu Jaminan Hari Tua, semisal temen-temen suatu saat resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan, JHT ini bisa dicairkan.

Cara Mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Nah disini saya akan membagikan bagaimana cara mencairkan JHT ini, berikut syarat-syarat yang harus dilengkapi :

  1. KTP Asli dan Fotokopi 5 lembar.
  2. Kartu BPJSTK Asli dan Fotokopi 2 lembar.
    • Jika kartu hilang :
      1. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian Asli dan Fotokopi 3 lembar.
      2. Materai 1 buah.
      3. Pengantar dari perusahaan terakhir bekerja.
  3. Surat Keterangan PHK/Resign Asli dan Fotokopi 3 lembar.
  4. Surat Keterangan Pengalaman Kerja dan Fotokopi 3 lembar.
  5. Buku rekening tabungan Asli dan Fotokopi 2 lembar.
  6. Formulir Klaim.
  7. Niat
  8. Susu sama cemilan

Oke kalau sudah siap semuanya lanjut ke tahap pertama, yaitu untuk yang kartu BPJSTK-nya masih ada monggo langsung saja ke kantor Disnaker untuk legalisasi Surat Keterangan PHK/Resign. Selanjutnya langsung ke kantor BPJSTK terdekat, nanti ngisi dulu formulir yang ada disana, sudah deh nunggu dipanggil, diproses, untuk pencairannya sekitar 1-2minggu langsung masuk ke rekening.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK)

Terus kalau kartu BPJSTK-nya hilang bagaimana?? Pertama buat dulu surat kehilangan dari kepolisian, nanti diminta fotokopi ktp 1 lembar, sama fotokopi kartu BPJSTK(kalau punya) kalau tidak punya nanti diminta nomor kartunya(wajib), untuk biayanya gratis. Selanjutnya ke kantor Disnaker dulu untuk legalisasi Surat Keterangan PHK/Resign, nanti diminta Surat Keterangan Kehilangan, KTP, sama Surat Keterangan PHK, masing-masing 2 lembar.

Selesai? Belum dong. Temen-temen masih harus ke perusahaan terakhir bekerja untuk membuat pengantar, minta saja ke bagian SDM nanti tanda tangan diatas materai. Nah sampai sini sudah 90% lengkap segera ke kantor BPJS, masuk saja jangan takut jangan panik, nanti ditanya mau ngapain kesini mas mbak? Jawab aja ada deh, tanya mulu kayak Dora :D. Guyon ini jangan dijawab begitu, jawab aja mau klaim/mencairkan BPJSTK mbak/mas, disini kita disuruh ngisi formulir, isi aja kalau bingung tanya saja gratis.

Kalau sudah terisi lengkap, berikan ke petugasnya disertai dengan berkas kelengkapan yang sudah dibuat sebelumnya seperti Surat Kehilangan dari Kepolisian, Surat Pengantar dari perusahaan terakhir, Surat Keterangan PHK/Resign yang sudah di legalisasi, KTP, Buku Rekening, Surat Pengalaman Kerja. Dikumpulkan dulu silahkan duduk nanti tunggu dipanggil sama mbak yang cantik petugasnya, kalau petugasnya cowok ya sedih :D.

Singkat cerita dipanggil nih, langsung aja duduk didepan petugasnya, kalau cewek langsung tatap matanya, kalau cowok tatap aja monitor komputernya :D. Disini cuma ditanya-tanya dikit sih, jawab secara lengkap dan lugas, ditunggu bentar tidak ada 10menit nanti dikasih tahu petugasnya gini kira-kira “Sudah selesai mas, klaimnya sebesar sekian rupiah, nanti ditunggu paling cepat 1minggu, paling lama 2minggu dana akan otomatis masuk ke rekening”.

Selesai deh, sruput dulu susunya. Masih bingung, komen dibawah gih. Oke sekian semoga dapat membantu temen-temen.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About Admin

Check Also

Kantor Bersama Samsat

Cara Cek Fisik Bantuan di Samsat

Cara Cek Fisik Bantuan di Samsat Assalamu’alaikum Wr. Wb. Jadi ini sebenarnya berawal dari berita …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.