Home / Experience / Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang Sim Online

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Mohon maaf cukup lama tidak update, masih (sok)sibuk di alam nyata. Jadi kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang bagaimana cara perpanjang sim online. Yang dimaksud online disini bukan kita daftar lalu bayar secara transfer lalu duduk-duduk santai dirumah dan sim datang sendiri, bukan seperti itu. Tetapi online yang dimaksud adalah data dari masing-masing orang sudah terintegrasi secara online, untuk fisik orangnya ya harus datang langsung ke lokasi.

Oke langsung saja kali ini saya khususkan untuk yang luar kota, saya asli dari Ngawi dan sekarang saya berada di Kota Surabaya. Di Surabaya sendiri sepertinya untuk perpanjangan sim online sudah berjalan cukup lama, mungkin. Khusus untuk luar kota temen-temen bisa melakukan perpanjangan sim di Taman Bungkul, untuk tata caranya adalah sebagai berikut with this site:

  1. Siapkan asli dan fotokopi KTP.
  2. Siapkan asli dan fotokopi SIM yang masih berlaku, ingat ya masih berlaku. Karena katanya kalau sudah tidak berlaku walaupun hanya 1 hari, kita diwajibkan membuat SIM baru, ribet kan? Jadi jangan sampai telat.
  3. Siapkan uang pastinya.
    a. SIM A : Rp 75.000
    b. SIM C : Rp 80.000
    c. Asuransi : Rp 30.000
  4. Surat Keterangan Sehat, bisa dari rumah sakit, atau puskesmas. Masing-masing SIM dibutuhkan 1 surat.
  5. Pulpen untuk nulis nantinya.

Cara Perpanjang Sim Online

Kalau sudah siap semua silahkan langsung ke lokasi, lebih baik datang pagi saja karena terkadang jam 11 sudah ramai dan antre banyak. Tiba di lokasi langsung tanya ke petugas mau perpanjang sim, lalu akan di minta syarat-syarat seperti diatas, berikan saja kepada petugas dan bayar Rp 75.000 nanti akan dikasih formulir untuk diisi. Kalau tidak bawa pulpen bisa beli ada yang jualan, atau bisa pinjam, atau kalau males bisa minta tolong bapak-bapak untuk menuliskan, biasanya orang-orang memberi Rp 5.000 sebagai ucapan terima kasih sudah menuliskan.

Ada biaya asuransi juga, katanya petugasnya sih wajib, bayarlah Rp 30.000 nanti dapat kartu asuransi. Kalau sudah nunggu dipanggil lagi untuk foto dan sidik jari. Lama atau tidaknya tergantung antrean, jadi harap bersabar. Kebetulan saya kemarin perpanjang pas material(bahan) simnya habis jadi tidak bisa mendapat langsung, masih nunggu 1 bulan katanya, tetapi dapat kok untuk surat keterangan bahwa kita sudah proses perpanjangan.

Sepertinya itu aja, gampang kan? Ingat jangan sampai telat daripada harus buat SIM baru. Oke terima kasih sudah membaca coretan saya semoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

About Admin

Check Also

Handsfree Aukey EP-C2

Handsfree Aukey EP-C2

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Handsfree Aukey EP-C2 Selamat siang menjelang sore kisanak. Maaf lama tidak update, …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.